Hari ke-11 : Formmit

Tuesday, March 13th 2012

Formmit atau Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan, tidak bisa lepas dari lembar sejarahku selama berada di Taiwan. Aku pernah terlibat cukup intens di organisasi tersebut. Walau pada awalnya tidak sengaja. Adalah Mbak Iin, dosen wanita di perguruan tinggi negeri di Surabaya, yang membawaku hingga akhirnya aku diberi tanggung jawab untuk mengurusi bidang Humas dan Informasi. Yang lebih sering kami sebut dengan Humin. Aku tidak bekerja sendiri. Ada roommate-ku yang menjadi kompatriotnya. Kami memiliki tugas yang berbeda. Dengan pengalamannya yang bejibun dalam berorganisasi, dia lebih sering diberi tugas yang berhubungan dengan diplomasi. Sedangkan aku, bertugas di balik layar mengurusi portal informasi di dunia maya.

Banyak yang kupelajari selama menjadi Humin Formmit. Terutama tentang CMS Joomla dan bahasa pemrograman berbasis web, PHP. Di sini juga pertama kali aku berkenalan dengan radio online. Dan lagi-lagi yang memperkenalkan radio streaming melalui internet itu adalah Mbak Iin. Dia punya caranya sendiri untuk mengajariku. Dia membuatkan tutorialnya, sisanya tinggal kujalankan sesuai dengan petunjuk yang ia buat. Pada akhirnya memang aku belajar sendiri. Dia, adalah trigger yang membuka cakrawala dan juga mentor jika aku menemukan jalan buntu.

Di Formmit, aku mencari pengalaman berorganisasi. Sesuatu yang kurasa harus kupelajari untuk modal apabila nantinya diinterview dalam proses mencari kerja, setidaknya aku bisa bercerita banyak tentang apa-apa yang kukerjakan di Formmit. Di sini aku memang dituntut untuk berhubungan dengan banyak orang dan tidak bisa diam saja. Karena kalau hanya diam, maka kerjaan bersama tidak akan beres. Syukur juga dari Formmit aku banyak mengenal banyak kawan.