Maret Merona

Monday, March 23rd 2009

Jikalau Taiwan sedang berhias, maka bulan Maret ini lah waktunya mereka dengan gencarnya mempercantik diri. Namun bukan dengan polesan make-up atau pun kecantikan artifisial. Alam Taiwan dengan alaminya semakin berwarna dan merona menjelang musim semi dengan bunga-bunganya yang mulai berkembang, mekar. Sebut saja salah satunya, Azalea. Bunga yang menjadi lambang universitas paling bergengsi di Taiwan, bermekaran sepanjang tepi boulevard. Dan TaiDa (台大) tidak pernah ketinggalan menjadikan fenomena mekarnya mereka dengan menggelar acara setiap tahunnya, Azalea Festival. Di tempat lain, yaitu di Yang-Ming Shan (陽明山), salah satu tempat rekreasi keluarga yang lumayan dekat dengan Taipei, juga tidak ketinggalan mengadakan flower festival untuk menyambut Taipei yang sedang bersolek di musim semi ini. Lalu kalau mau sedikit singgah ke utara, yaitu di daerah Danshui (淡水), suasana sakura bisa ditemui di sekitar Tian-Yuan Gong (天元宮).

Azalea punya nama berbeda-beda. Menurut akte kelahiran edisi biologi, binomial nomenclature, Azalea merah dinamai Rhododendron pulchrum. Adik kembarnya, Si Putih dan Si Putih agak-kemerah-jambuan-di-tengahnya dinamai Rhododendron mucronatum. Dua spesies ini sangat menonjol keberadaannya sehingga siapapun bisa melihatnya. Tidak seperti si jingga yang pemalu, yang untuk mencarinya dibutuhkan kesabaran. Menurut berita burung, hanya orang-orang berhati bersih dan rajin mengaji yang sanggup melihatnya. Belum termasuk puasa tujuh hari tujuh malam yang menjadi syarat tambahan. Beruntunglah kita manusia yang tidak mengerti bahasa burung, sehingga terhindar dari syarat-syarat itu untuk sekedar melihat Rhododendron scabrum, atau yang kita kenal sebelumnya dengan sebutan Si Jingga.

Azalea & NTU Bell

Azalea & Fu Bell

White Azalea

White Azalea

Orange Azalea

Orange Azalea

Dari TaiDa (台大) kita bisa naik MRT dari st. MRT Gongguan (公館) untuk menuju st. MRT Jiantan (劍潭). Dari Jiantan disambung dengan bus nomor merah-5. Dengan perjalanan sekitar 40 menit kita akan tiba di terminal bus Yang-Ming Shan. Sayang, setibanya saya dan kawan-kawan di sana 2 minggu yang lalu, bunga-bunga di pepohonan sudah banyak yang berguguran. Hanya menyisakan ranting dan daun, seperti pada bulan-bulan lain. Tinggal sedikit bunga yang tersisa, padahal eventnya baru akan berakhir hari minggu kemarin. Mungkin hujan berhari-hari sebelumnya yang disertai angin menjadi penyebab cepat layu dan gugurnya bunga. Atau mungkin ini sebuah isyarat untukku untuk kembali ke sana tahun depan? Semoga tidak, karena musim semiku tahun depan ingin kulalui di pulau yang lain.

Yang-Ming Shan Flower Festival 2009

Yang-Ming Shan Flower Festival 2009

Purple Blossom

Purple Blossom

White, less but dominant

White flower, less but dominant

Letak yang berdekatan antara Jepang dan Taiwan sedikit banyak memberikan dampak pada kemiripan variasi flora. Sakura ternyata bukan monopoli Negeri Matahari Terbit, karena di Negeri Formosa ini kita juga bisa menjumpai bunga-bunga merah jambu itu. Memang tidak banyak seperti di negeri asalnya, tapi setidaknya ada dan bisa tumbuh. Salah satu tempat yang menjadi favorit untuk menikmati indahnya bunga Sakura adalah di sekitar kuil Tian-Yuan (天元宮). Untuk menuju ke sana, masinis MRT siap untuk mengantarkan hingga st. MRT Danshui (淡水), stasiun paling ujung utara di jalur merah lintasan MRT. Setelah itu mintalah bantuan kepada information center kalau tidak tahu harus ke mana dan naik apa. Kalau hari Jumat kemarin kami menggunakan bus dari shuttle bus di seberang stasiun, di samping McD. Perjalanan di bus juga tidak terlalu lama hanya memakan waktu sekitar 20-30 menit. Saya berterimakasih ke Hendra yang mengajak saya ke sana. Dan terakhir, bersyukur kepada Sang Maha Pencipta Alam atas karunia sepasang bola mata untuk menikmati indahnya dunia berserta isinya.

Tian Yuan Temple

Tian-Yuan Temple

Trivia note :
Scroll mouse dengan agak cepat di sekitar foto kuil untuk menghasilkan efek membesar pada kuil (bila di-scroll ke bawah) atau efek mengecil (bila di-scroll ke atas). Thanks to Rachma atas infonya. :)

Sedahan bunga Sakura

Sedahan bunga Sakura...

Sakura and The Temple

Sakura and The Temple

Tags: