Susahnya Jadi DJ

Friday, February 29th 2008

Sebenarnya sudah lama saya diminta mbak Iin buat mengisi acara di radio online Formmit (Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan bukan Forum Mencari Menantu Ibu di Taiwan). Akhir 2007, kalau tidak salah. Tapi ditunda-tunda terus karena acaranya ingin dibuat seperfeksionis mungkin menurut versi saya. Yang ada malah acaranya nggak jadi-jadi. Bingung ini lah, bingung itu lah. Padahal waktu itu sudah sempat dilakukan siaran pemanasan bareng mbak Iin dan bang Dedi. Dasar mental tempe, saya pun menunda lagi karena merasa belum siap. Padahal bisa dibayangkan, ini bukan siaran luar biasa yang didengarkan ratusan atau ribuan pendengar. Targetnya hanya teman-teman di Taiwan.

Maka dengan dimulainya semester baru, saya kira ini lah momentum yang bagus buat menghidupkan kembali Radio Online Formmit yang sudah dirintis mbak Iin. Ada 2 program yang sudah matang sebenarnya, yaitu Kajian Ahad Sore dan Kajian Muslimah Online. Namun Kajian Ahad Sore (KAS) ini belum online. Dan ketika Ahad kemarin ngobrol-ngobrol setelah meng-online-kan KAS, terbitlah ide untuk mengisi acara di Jumat malam. Rencananya, siaran ini bertema tentang Ayat-ayat Cinta.

Kemarin sore saya agak2 cemas karena koneksi internet mati seharian. Takutnya acara yang diamanahkan ini tidak jadi siaran. Alhamdulillah, bangun tidur, internet sudah sambung kembali. Dan sore tadi, terjadilah siaran perdana saya. Waks! aa… mmm… aaa… ee… bingung mau ngomong… flow siaran jadi kacau. Siaran nggak sesuai tema. Bingung antara menjawab pertanyaan di YM, dan mengatur mic atau mp3 yang jalan di Winamp. Mengundang pembicara tamu seperti rencana Ahad kemarin, Rizki -yang mana teman sekamar sendiri- untuk memberi komentarnya seputar AAC. Hebat! Nggak salah dia jadi MWA UI. Bicaranya lancar seperti gerbong kereta yang tak putus-putus. Saya rasa interkoneksi antara otak dan mulutnya lebih cepat dari kecepatan transfer USB 2.0.

Yah, begitu lah siaran perdana apa adanya. Untuk yang tidak sempat mendengarkan, jangan berkecil hati. Minggu depan insya Allah siaran lagi. Semoga dengan keadaan yang lebih baik. :)