布狄的一週

Sunday, October 7th 2007

布狄 (bu di) = Budi
的 (de) = kata ganti kepunyaan
一 (yi) = satu / 1
週 (zhou) = minggu

Budi’s a week, yah, kira2 begitulah kalo judul di atas diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Kalimat ini saya dapat waktu les bahasa mandarin hari Kamis kemarin, dengan mengubah kalimat aslinya dengan nama saya tentunya. Budi, nama yg jarang saya gunakan sebagai nama panggilan, tapi nama itu sudah terlanjur dipakai untuk nama Cina saya di sini. Inilah salah satu keegoisan bangsa ini (Cina, red), mereka seenak-enaknya memberikan/menggunakan nama baru untuk nama2 yg susah diucapkan. Masalahnya, Bu (布) dalam bahasa Mandarin dibaca Pu, sedangkan Di (狄) dibaca Ti. Jadinya kan kedengaran kaya´ nama cewek :(

Besok, 8 Oktober, genap satu bulan saya di pulau Formosa ini. Nggak terasa, kaya´nya baru aja kemarin saya berangkat dari Indonesia. Dan sampai saat ini, komunikasi masih menjadi kendala utama. Sedikit sekali orang yg ngerti bahasa Inggris, jadi dalam komunikasi harus pakai bahasa isyarat atau bawa2 kamus dan nunjukin kata2 yg kita maksud. Ribet memang. Dan dalam satu minggu ini, banyak peristiwa2 yg kira2 penting yg saya alami.

Senin (10/1). Karena nggak ada kuliah, siang hari saya iseng lihat promosi/pengenalan alat 2 musik tradisional Cina dari suatu sekolah musik. Yg diperkenalkan pada hari itu hanya sebatas alat musik tiup saja, untuk lebih jelasnya, ini screen shot-nya :

Selasa (10/2). Pagi hari, dapat berita duka. Siang hari, untuk pertama kalinya kuliah Introduction to Display Technologies oleh Prof.JJ Huang. Malam hari, untuk pertama kalinya les bahasa Mandarin yg diajar oleh Miss Shu Fan, lumayan manis orangnya. Hampir tengah malam, nonton Heroes episode 2.

Rabu (10/3). Bayar dormitory yg cukup bikin pusing karena harus muter2 ke bagian ini lah, ke bagian itu lah. Sebenernya nggak terlalu ribet kalo ngerti bahasa mereka, lamanya gara2 muter2 nanya sini nanya situ. Selain itu juga, ngurus semacam PRS (kalo di ITB), yg lebih muter2 lagi : minta ttd dosen -> minta cap di bagian departemen Elektro -> minta cap di bagian Graduate Students, dan semuanya di gedung yg beda. Siangnya kuliah lagi dan entah kenapa kuliah ini, Wide-gap Semiconductor, beda banget sama 2 kuliah lainnya. Bikin ngantuk. Besok2 kaya´nya tiap rabu bawa bantal nih kalo ke kelas.

Kamis (10/4). Pagi hari, ke Computer Center buat reset password email kampus. Karena sejak awal belom pernah bisa login ke webmail kampus karena ada masalah di passwordnya. Siangnya balik lagi ke CC, sekarang masalahnya gak bisa login buat memakai komputer di CC. Nasib… Malam hari, after long time waiting for his email, at last… he replied my email with only a line sentence :

no problem. why don’t we meet after class tomorrow.

-Charlie

Itu dia email yang selama 3 hari ditunggu2. Padahal dah nulis panjang2, dibalesnya cuma satu kalimat. Dia yg dimaksud adalah Prof.Chen, someone whom I think is a right person to cooperate with, and also to be my advisor.

Jumat (10/5). My sister´s birthday. Tenang de´, nanti Mas Jaya beliin kok kadonya :). Sore hari, buka bersama di masjid yg nggak seperti biasanya. Di hari itu kebetulan Korps Diplomatik negara2 muslim di Taiwan diundang buka bersama di Masjid Agung Taipei, jadi makanannya sangaaaaat berlimpah dan uenak2. Coba mereka sering2 bikin acara kaya´ gitu.

Sabtu (10/6). Taifun. Sudah diprediksi sebelumnya kalo hari sabtu atau minggu ini akan ada taifun. Kapan ya Indonesia bisa memprediksi datangnya bencana? Seharian di kamar, donlot Smallville episode 2, Hanazakari no Kimi Tachi e episode 1 karena pemeran ceweknya Horikita Maki (tahu setelah buka Tukang Komentar dan ketemu blog ini), dan juga coba2 posting di blog pakai bahasa Mandarin (butuh waktu berjam-jam cuma buat nulis judul di postingan ini).

Minggu (10/7). Pagi2 sepedaan keliling kampus buat lihat2 akibat yg ditimbulkan taifun seharian kemarin.