Kehilangan

Tuesday, October 2nd 2007

Hari ini tidak seperti biasanya. Biasanya sehabis sahur atau salat Subuh, aku bablas tidur sampai matahari hampir di tengah2. Maklum, siklus tidurku berubah akhir2 ini. Begadang di malam hari, dan tidur di pagi hari. Selain karena faktor jadwal kuliah yang semuanya di atas jam 2 siang. Tapi entah kenapa hari ini seperti ada sesuatu yang menahanku hingga masih terjaga di pagi hari.

Pagi ini, iseng2 kugenjot sepedaku mengelilingi NTU di pagi hari. Yah, memang tidak terlalu lama, sekedar menghirup udara segar yang sudah jarang kutemukan. Terlihat banyak orang tua yang giat exercise di pagi hari even bukan hari libur ataupun weekend. Mungkin ini salah satu resep mereka untuk tetap awet muda. Sejenak kupinggirkan sepedaku di sisi lapangan tenis, wow, lapangannya penuh. Sepertinya semua orang Taiwan ini gila olahraga.

Kembali ke asrama dan kududukan diriku di depan meja belajar, tapi bukan untuk belajar. Melainkan berselancar di dunia maya. Cek email, blog, dan sedikit oprek2 linux untuk menampilkan tulisan dalam bahasa Mandarin. Hingga suatu saat Ibuku memberiku kabar lewat SMS yang kuterima sekitar jam 8-an.

Innalillahi wa inna lillahi roji’un, mas Adri/Jaya mbah putri meninggal tadi pagi jam 5.15 doakan ya mas smg diberi ampun oleh Allah SWT

Deng! Aku sudah menduga ketika terlihat tulisan Innalillahi di layar HP-ku, bahwa pesan tersebut akan mengabarkan kepergian Mbah Putri untuk selamanya. Memang sebelum keberangkatanku ke Taiwan, Beliau sudah tersungkur di RS dalam kondisi yang sangat lemah. Sesekali pernah kutanyakan kabar Mbah Putri kepada keluarga, namun mereka bilang keadaan Simbah sudah membaik.

Sedih memang, namun aku tidak biasa menangis. Cukuplah menangis dalam hati dan membasahi mata ini dengan air mata yang tidak menetes. Kehilangan salah satu orang terdekat dalam hidup ini membuatku merasa tidak lengkap. Tapi inilah kehidupan, semuanya di atas kuasa-Nya.

Teriring doa kupanjatkan kehadiratMu Ya الله. Mohon ampuni segala kesalahannya, terima semua amal ibadahnya, dan tempatkan di sisi-Mu bersama orang2 yang beriman dan bertakwa.

Amin… Ya Robbal Alamin.