Belajar Plesetan

Wednesday, April 25th 2007

Plesetan RI

Plesetan. Berasal dari kata peleset, yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah tidak mengenai sasaran. Wapres Ucup Kelik aka Kelik Pelipurlara, telah menerbitkan sebuah buku tentang plesetan. Berjudul, PLESETAN REPUBLIK INDONESIA GERR SAMA WAPRES UCUP KELIK. Buku yang hanya memiliki 181 halaman ini menyuguhkan kreatifitas seorang budayawan Jogja dalam berhumor cerdas. Mengapa saya sebut cerdas? Karena pembaca akan diajak berpikir sejenak sebelum dapat menertawai cerita yang dimaksud. Mungkin perlu saya coba dalam review saya berikut ini tentang apa yang telah didapatkan setelah membaca buku tersebut.

Buku ini saya beli di Palasari seharga Rp 17.500,- sudah termasuk disampul plastik, dan belum disimpul mati. Yah, hitung2 buat meningkatkan level humor saya dalam plesetan, walaupun sekarang ini plesetan 3 sudah mulai dijual di ibukota. Plesetan juga sering ditemui waktu di malam2 di bulan puasa. Biasalah anak2, habis taraweh kadang2 suka maen plesetan, seperti plesetan jangwe, plesetan cabe rawit, dan plesetan2 lainnya yang sebenarnya bisa membahayakan. Isi dari buku ini juga macam2. Beragam lah pokoknya, tapi bukan beragam yang dipakai anak2 sekolahan. Ada cerpen, zodiak, singkatan2, gosip (digosok makin sip), kata2 SMS, ada tebak-tebakan, dsb (dan sebelumnya). Ada beberapa bagian yang nampaknya agak memaksakan kehendak sih, tapi secara garis besar bukan halaun negara, buku ini cukup lucu kok. Atau paling nggak, bisa membuat pembacanya tersenyum simpul (asal jangan simpul mati, nanti senyumnya nggak balik2).

Buku ini recommended buat yang doyan plesetan. Kalau dalam silat, pendekar silat mencari guru silat agar menjadi lebih sakti. Maka dalam hal plesetan, Kelik adalah suhu plesetan di Indonesia yang akan membuat Anda semakin sakit. :-)