Oleh-oleh Dari JHCC

Saturday, March 10th 2007

Hosh.. hosh.. capek juga habis muter-muterin pameran komputer di JHCC. Ini kali kedua aku mengunjungi pameran yang mulai diadakan tanggal 7 Maret kemarin, dan akan berakhir Minggu 11 Maret. Setelah Jumat kemarin pulang dengan tangan hampa (itu kalo brosur2 yang bejibun banyaknya nggak termasuk hitungan), maka sekarang akhirnya terbeli juga 2 buah tangan dari MEGA BAZAAR COMPUTER tsb. Sempat bingung juga sih mau beli apa, maklum terlalu banyak pertimbangan. Tujuan awal sebenernya mau upgrade mobo and prosesor. Tapi setelah lihat harga Pentium Core 2 Duo yang harganya cuma + 1,6 jt dengan varian spek terendah (E4300; 1,8 GHz; FSB 800MHz; L2 2MB), akhirnya keinginan upgrade prosesor tertunda. Mending nunggu dollar turun dulu deh. Oke, prosesor nggak jadi, sasaran kedua adalah ‘papan Ibu’. Setelah survey2, ternyata kebanyakan mobo yang ready Core 2 Duo minimal pake memory DDR2. Walah.. berarti mesti upgrade memory juga donk? For that reason, keinginan buat beli motherborad jadi hilang.

Prosesor nggak dapet, Mobo nggak dapet, selanjutnya kartu grafis. Berlanjutlah petualangan sambil lihat2 spek VGA card terbaru yang support DirectX 10, ya.. tentunya sekalian diselilingi lihat2 makhluk keturunan Hawa yang sesuai spek juga, hehehe. Seiring waktu berlalu, hasilnya… NIHIL. Kartu grafik yang support DirectX 10 harganya muahal banged > 3 jutaan (itu dari info2 yang saya dapat). Yo wis.. 1-3 nggak dapet, selanjutnya kembali ke tujuan sebelum ada keinginan buat upgrade. Yaitu beli DVD-RW. Pilihan jatuh kepada DVD-RW ASUS Light Scribe. Tanpa basa-basi, devais tersebut langsung dibungkus dengan banderol 3 ratus 9 puluh 5 ribu rupiah saja, plus bonus 2 keping DVD lightscribe dan tempat CD. Yosh.. akhirnya tidak jadi pulang dengan tangan hampa. Oh ya, di hari kedua ini aku juga sekalian nemenin Mbak Sinto yang lagi nyari laptop. Di mana akhirnya pilihan jatuh kepada Toshiba Satellite M100-1111E. Spesifikasinya lumayan juga : Intel Core Duo (1,73 GHz, L2 2MB, 533MHz), wi-fi, 512MB DDR2 SDRAM, 80GB SATA, DVD+RW/RAM, 14″, berat 2,26 kg, dan dibundel dengan OS Windows XP. Harganya $999 atau 9,24 juta rupiah.

Tapi laptop itu bukan oleh2 yang kedua. Itu kan buat Mbak Sinto, kalo buatku oleh2 keduanya itu adalah Gamepad Logitech Dual Action. Memang nggak murah sih (Rp 200.000,-) tapi kan ada garansi 1 tahun, daripada beli yang murah tapi gampang rusak. Sebenarnya joystick-nya ini buat latihan Pro Evo, soalnya kemarin waktu masih di Bandung kalah ngadu lawan Dhata di Lab IC Proses (Awas lo Dhat, tunggu pembalasanku!)