Iryu Team Medical Dragon (2006)

Saturday, February 24th 2007

Team Medical Dragon

Kira-kira seminggu yang lalu, dorama ini baru saja selesai dikhatamkan. Mungkin ini salah satu dorama yang akan kurekomendasikan. Bercerita tentang seorang dokter bedah jantung yang jenius bernama Asada Ryutaro (Sakaguchi Kenji) yang dipanggil kembali ke rumah sakit untuk membantu mengerjakan thesis seorang dokter wanita yang cantik, Katou Akira (Inamori Izumi), yang bercita-cita menjadi profesor di Meishin University Medical Hospital. Thesis yang diajukan oleh Katou adalah tentang operasi Batista. Konon operasi Batista tersebut belum pernah berhasil dilakukan di Jepang, dan Katou pun tidak yakin dapat melakukannya sendiri. Oleh karena itulah dia memanggil Asada, dan Asada pun kemudian diberi kebebasan untuk membentuk tim operasi yang selanjutnya disebut dengan Team Medical Dragon. Episode demi episode di dalamnya menceritakan bagaimana hingga pada akhirnya orang2 dengan kemampuan terbaiklah yang dapat masuk ke tim ini.

Dalam usahanya membentuk tim tersebut, berbagai konflik di seputar rumah sakit pun terjadi. Di dorama ini juga diceritakan adanya skenario negatif di balik layar rumah sakit, seperti penolakan pasien yang nggak punya uang, otoritas profesor, rebutan pasien antar dokter, eksperimen obat, dll. Nggak kebayang kalau hal itu benar2 terjadi, karena pasien lah yang akan jadi korban. Selain itu, seperti biasa, ada hitam ada putih, dan bukanlah jagoan namanya kalau menang tanpa bertanding. Kirishima Gunji (Kitamura Kazuki), pacar dr.Katou sekaligus penyebab dipecatnya Asada dari rumah sakit North Japan University (tempat awal ia bekerja), membuat gebrakan dengan melakukan operasi batista mendahului Team Dragon. Tujuannya adalah menghancurkan Asada hingga sehancur-hancurnya. Mau tahu penyebabnya? silakan tonton sendiri.

Dorama Jepang yang diambil dari kisah manga ini memiliki alur cerita yang maju-mundur dan naik-turun. Kadang ceritanya dapat diterka, namun kadang pula tidak. Jadi kesimpulan saya dari segi cerita adalah, menarik! dan tidak membosankan. Di sini banyak sekali istilah2 kedokteran terutama yang berhubungan dengan operasi, yah.. cukup menambah wawasan lah. Kemudian dari segi animasi, dorama ini T-O-P-B-G-T lah. Bagaimana tidak, ilustrasi organ-organ tubuh yang ditampilkan mirip seperti aslinya. Dan terakhir, tentunya adalah aktor dan aktrisnya. Sakaguchi Kenji bermain cukup baik sebagai Asada, tenang, cerdas, dan penuh perhitungan. Izumi pun saya rasa juga bermain baik, sangat ambisius dan dingin, walaupun kadang dia terlihat tak berdaya di depan profesornya. Dan satu lagi yang perlu diwaspadai, yaitu Mizukawa Asami yang berperan sebagai Satohara Miki. Entah kenapa di dorama ini dia terlihat begitu kawaii, nggak seperti di Nodame Cantabile di mana dia terlihat biasa saja.

Official Site : http://wwwz.fujitv.co.jp/iryu/index.html
Reference : http://wiki.d-addicts.com/Iryu

Tags: